jam

jam digital

Sabtu, 26 Januari 2013

Macam-Macam kue

kkn  bnkk
                                                       KUE KHAS INDONESIA   


1. Onde-onde
Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak jaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.
Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. 

Spoiler for : 

2. Risoles
hampir mirip dengan kroket,hanya ini memiliki kulit pembungkus,isinya hampir sama dengan kroket.

Spoiler for : 

3. Kroket
Kroket adalah nama sebuah makanan yang dipungut dari bangsa Belanda di Indonesia tetapi diambil dari Perancis.
Di Belanda, kroket adalah sebuah makanan yang terdiri dari ragout yang dilapisi dengan putih telur dan tepung panir lalu digoreng.
Di Indonesia, biasanya kroket adalah gumpalan pure kentang berisi daging cincang yang dibumbui dan dicampur dengan sayuran seperti wortel atau buncis. Kroket dilumuri kocokan telur dan tepung panir sebelum digoreng di dalam minyak goreng yang banyak.

Spoiler for : 

4.Lemper
Lemper adalah sebangsa penganan yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam, dan terbungkus oleh daun pisang.
Penganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar. Pembuatan lemper mencakup persiapan daging ayam dan mengetim ketan (bisa dengan santan). Selanjutnya, daging ayam yang sudah disuwir dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang, selanjutnya dikukus.

Spoiler for : 

5.Pisang Molen
Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng.

Spoiler for : 

6.Pastel
Pastel merupakan makanan yang tidak asing buat sebagian besar penduduk Indonesia,bahkan di Luar Negeri juga ada loh pastel.
Ada beberapa jenis pastel,pastel kering,pastel basah,pastel tutup.Isinya pun beraneka ragam,tergantung selera dari si pembuatnya.

Spoiler for : 

7.Klepon

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.
Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

Spoiler for : 

8.Nagasari
Nagasari adalah kue yang berasal dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus. Selain bahan yang disebut diatas, nagasari sering juga dimasak dengan daun pandan, yang menjadi sebab harumnya yang khas.

Spoiler for : 

9.Kue lapis
Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.
Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

Spoiler for : 

10.Getuk Lindri
Jajan pasar yang berbahan dasar singkong ini sering kita temukan di pasar-pasar tradisional di daerah kita masing-masing. Kue ini biasanya disajikan bersama urap kelapa.

Spoiler for : 

11.Sentiling
Jajanan pasar yang berbahan dasar singkong ini sering kita temukan dalam nuansa warna-warni yang indah dan ceria. Kadangkala penyajiannya yang ditusuk-tusuk menyerupai sate membuat tampilan Sentiling lebih unik dan modern.

Spoiler for : 

12.Putu ayu
Kue tradisional yang satu ini memang tidak pernah lekang dimakan waktu. Warnanya hijau cerah dengan topping parutan kelapa membuatnya tampil unik sekaligus menggoda. Sekali gigit hmm... rasa manis bercampur gurihnya benar-benar bikin ketagihan.

Spoiler for : 

13.Jentik Manis
Ini jajanan yang termasuk unik.bentuknya agak lembek,berisi sagu mutiara warna-warni,sama santan,dibungkus pake plastik.Rasanya manis banget.

Spoiler for : 

14.Kue Cubit
Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.
Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.

Spoiler for : 

15.Kue ku
Kue ku yang berbentuk kura-kura ini menjadi favorit tiap orang. Adonan kulitnya yang mulur lembut dengan isi adonan kacang hijau yang lembut dan legit pula. Kecuali itu kura-kura juga diyakini sebagai lambang kesetiaan dan kesabaran.

Spoiler for : 

16.Pukis
Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. 

Spoiler for : 

17.Arem-arem
Arem-arem merupakan penganan serupa lemper, yaitu nasi berisi sayuran atau sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem popular sebagai penganan pengganti sarapan. Biasanya ukurannya dibuat lebih besar daripada lemper.

Spoiler for : 

18.Coro bikang
Makanan kecil yang termasuk salah satu jajanan pasar yang terbuat dari telur & krim, rasanya manis
 

            KUE KHAS JAWA TIMUR

Jawa Timur adalah kebanggaanku karena disalah satu kota ini aku dilahirkan,dibesarkan,sampai bekerja dan menetap disini. Mari kita cari tahu jajanan khasnya yang menggoda 
Kota onde-onde adalah julukan Kota Mojokerto, karena onde-onde adalah salah satu makanan khas mojokerto.  Hampir semua toko kue di Kota Mojokerto menyediakan jajanan ini. Yang paling terkenal adalah Onde-onde Bo liem yang terletak di Jalan Niaga no 21 Mojokerto. Dan tidak lengkap rasanya kalau anda berkunjung ke kota mojokerto tidak mencicipi onde-onde. Dulu Onde-onde pasti isi kacang, sekarang sudah banyak variasi rasa, bentuk dan harga tentunya.
Onde-onde khas Mojokerto
  
Bahan kulitnya terbuat dari tepung ketan,tepung sagu,santan dan isinya biasanya terbuat dari kacang hijau yang dikukus bersama santan,gula,dan daun pandan dibentuk bulat dan digulingkan ke wijen sebelum digoreng.
Keciput
Adonan biasanya terbuat dari Tepung ketan, tepung kanji, baking powder, gula pasir, dan garam ditambahkan telur, dibentuk menjadi bulatan kecil sebesar kelereng.dimasukkan ke dalam putih telur lalu digulingkan ke wijen agar seluruh permukaannya terbalut wijen.digoreng dalam minyak dengan api sedang, hingga berwarna kuning kecokelatan
Klepon Jajanan Khas Gempol - Sidoarjo

Bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda,Rasa yang tersimpan dari klepon sangat lezat,Karena manis gula merah sebagai isinya seperti madu. Rahasia kelezatan klepon memang pada isinya yang terbuat gula merah yang dicairkan lebih dulu.Sedangkan untuk kulit luar klepon berasal dari campuran adonan yang terbuat dari adukan tepung ketan, dengan air perasan daun pandan secukupnya.Setelah diuleni adonan dibulatkan sebesar kelereng. Lalu, diisi cairan gula. Setelah itu dimasukkan dalam panci berisi air mendidih. Tunggu sampai klepon mengapung, lalu diguling-gulingkan dalam parutan kelapa muda.
Lupis
Selain enak dan gurih, rasa  manis yang berasal dari cairan kental gula merah pun begitu mendominasi. Beras ketan kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang, diikat dan direbus. Setelah matang, lupis dipotong-potong menggunakan alat potong khusus hingga siap disajikan. Agar nikmat saat disantap, lupis dicampur bersama parutan kelapa serta gula merah yang sudah dicairkan.
Cenil
Cenil merupakan jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang sampai saat ini masih terlihat banyak dijual. Terbuat dari singkong yang dicampur dengan agar-agar sehingga rasanya menjadi kenyal. Diberi taburan gula pasir putih, gula merah cair dan kelapa parut
Kue Putu
Walaupun belum diketahui dengan pasti darimana kue ini berasal tapi di jawa timur kue ini banyak sekali dijual. Kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.
 Jubung Jenang khas Gresik
Makanan khas dari daerah Gresik ini. Dibuatnya dari campuran ketan hitam, ketan putih, santan kelapa dan gula.Kemasan jubung ini juga lain dari pada makanan tradisional yang biasa saya temui. Pembungkusnya adalah daun lontar yang dijahit membentuk sebuah cup atau gelas kecil.

Pudak khas Gresik

Pudak adalah makanan/kue khas kota Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukan kemasan terbuat dari bahan yang disebut "ope" yaitu [pelepah daun pinang]. Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut pudak sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti sebelumnya : pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu.
h

Oleh-Oleh Khas dari Bojonegoro

Jika kita berwisata atau berkunjung di kota Bojonegoro, apa salahnya jika kita menikmati jajanan tradisional yang ada di Bojonegoro. Pastinya jajanan tradisional yang harganya murah dan sangat pas di kantong dompet kita semua.
Berikut merupakan beberapa jajanan khas Bojonegoro yang harus kita coba:


1. Ledre

Ledre
Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.

Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah Bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.

Ledre adalah makanan kering yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan tepung beras, yang biasanya ditambah pisang raja untuk aroma. Semua bahan itu dibuat adonan tipis, kemudian digoreng.
Ketika mulai agak kering, campuran itu kemudian digulung cepat-cepat. Panjangnya sekitar 20 sentimeter dan renyah sekali.
Di beberapa tempat, kue ini sering disebut kue semprong. Sebutan ini diberikan, karena bentuknya yang mirip dengan tabung kaca yang terdapat di lampu teplok. Semprong digunakan untuk melindungi api dari angin.


2. Putu Bambu


Putu Bambu jajanan yang rami dibeli orang, dikukus dengan memakai bambu, dan ditaburi dengan gula kelapa..rasanya enak sekali.


3. Wedang Tape
https://sites.google.com/site/tjiwir/wedangtapebojonegoro/24112008009.jpg
Salah satu yang cukup melegenda dari Bumi Angkling Dhama ini adalah wedang tapenya. Wedang tape disini berbeda dengan wedang tape Solo, sebab di Bojonegoro ini wedang tapenya dibuat dari tape ketan hitam yang disajikan dengan santan panas. Benar-benar mak nyuusss.

Salah satu warung wedang tape yakni di Jalan KH Mansyur Bojonegoro. Sudah ada sejak dekade 1950-an, penjual yang sekarang ini adalah generasi ketiga. Maka tak heran jika yang berkunjung selalu ramai, apalagi pada momen-momen seperti mudik lebaran. Mereka-mereka yang sudah jadi langganan tetap selalu menyempatkan mampir kesini.

4. Keripik Tempe

Tempe memang makanan tradisional Indonesia yang penolahannya beragam. Bisa dimakan sebagai lauk dengan dibacem, digoreng, atau ditumis. Tempe bisa juga dibuat cemilan dengan digoreng berlapis tepung sebagai mendoan atau digoreng kering bersama tepung menjadi keripik tempe yang kriuk-kriuk. Di Bojonegoro produksi keripik tempe berada di sekitar perbatasan Bojonegoro - Ngawi.


5. Serabi


Salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Bojonegoro adalah serabi. Jajanan yang berbahan utama beras ini merupakan jajanan yang rasanya lezat, sehingga banyak orang yang suka. Di berbagai tempat terdapat warung-warung yang menjual serabi dengan harga yang terjangkau, sehingga para penikmat serabi tak perlu mengeluarkan uang banyak. Cukup dengan Rp1.500,00 kita sudah bisa menikmati gurihnya serabi.


 6. Gethuk

Gethuk merupakan jajanan yang terbuat dari singkong. Di Bojonegoro jajanan gethuk terkenal dengan sebutan Gethuk Lindri. Gethuk di Bojonegoro banyak di jual di pasar tradisional. Untuk pertama kalinya diadakan Festival Gethuk di Bojonegoro. Dalam festival tersebut terdapat bayak penjual gethuk yang berjualan d alun-alun kota Bojonegoro. Festival tersebut bertujuan untuk mengenalkan jajanan tradisional yang ada di Bojonegoro.

1 komentar:

  1. Top 10 casinos that accept Bitcoin in 2021 - The jtmhub.com
    It is not easy to get 하남 출장마사지 started, but you can 안양 출장샵 do 사천 출장안마 so at reputable online gambling sites. Casumo is one of the few 경상남도 출장샵 crypto 논산 출장샵 casinos that accepts Bitcoin.

    BalasHapus